Selasa, 05 November 2013

ULTRA JAYA VS FRISIAN FLAG



ULTRAJAYA 
Dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung - Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company.Tak hanya sebagai pelopor, PT Ultrajaya pun masih unggul diantara produsen susu segar alami dan minuman ringan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti UltraMilk untuk produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman teh segarnya, dan Sari Kacang Ijo, Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya. Dan tak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi khusus untuk pasar eksport.

Dan hingga kini, brand unggulan kami, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Lahan perkebunan dan peternakan
Lahan peternakan kami berlokasi di tengan lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produk kami.
Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian kami proses dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik.
Kini, hampir 90% total produksi, kami distribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesai, sementara kurang lebih 10% produksi, kami ekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.



Untuk menggambarkan tekad kami terhadap penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.

Kami adalah yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Lebih dari 3 dekade kami  mempersembahkan produk berkualitas baik dan alami serta memimpin pasar susu cair segar di Indonesia. Kami pun saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun.

Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia yang menjamin bahwa kondisi higienis tetap dapat dipertahankan selama proses produksi.
Yang lebih penting lagi, di pabrik PT Ultrajaya kami melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang kami inginkan

- untuk memerbaiki kualitas kesehatan konsumen
- dapat dicapai secara konsisten.
sebagai market leader, kami juga tetap mengedepankan penelitian, pengembangan, dan pengecekan kualitas kontrol produk kami. Dengan monitoring secara berkala terkait kebutuhan pasar dan permintaan konsumen, kami pun telah mengembangkan produk-produk baru supaya menjaga brand leadership kami, dan dapat dilihat hasilnya saat ini kami pun telah berhasil mengembangkan lebih dari 60 produk sejak tahun 1975 lalu, yang kebanyakan diantaranya adalah market leader.

Kami juga berkomitmen penuh untuk kualitas produksi kami, mulai dari bahan baku yang kami gunakan hingga produk siap untuk dijual. Sistem pengecekan kualitas produk tidak hanya terfokus pada isi dari produk tersebut, namun hingga proses penyimpanannya.
Seluruh produk kami telah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), yang dimana hal ini juga menunjukkan komitmen tinggi kami terhadap konsumen Indonesia yang mayoritasnya adalam Muslim.
Seluruh komitmen proses kami diatas pun menghasilkan reputasi baik kami dimata konsumen.
Hingga kini, jaringan distribusi kami telah menjangkau seluruh daerah di Indonesia, didukung dengan strategi marketing yang sudah terintegrasi untuk mempertahankan dan terus membangun ekuitas brand dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Untuk itu, kamu juga secara terus menerus memiliki investasi-investasi penting dengan berbagai perbaikan dalam aktivitas marketing, teknologi, pengembangan produk, dan yang paling penting adalah sistem distribusi kami.
 
Jangkauan distribusi kami merupakan salah satu jangkauan distribusi terluas di Indonesia , yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini kami pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif menjual produk kami ke lebih dari 65.000 retailer (baik local modern market maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial.
Sementara itu, jalur distribusi kami di pulau Jawa saat ini juga terdiri dari lebih dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang.
Konsumen utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta penduduk, saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri kami pun menyumbang 90% dari total produksi yang kami lakukan. Walaupun begitu, pada tahun 1988, kami pun telah meng-eksport produk kami ke sejumlah negara di dunia.

Dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung - Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company.Tak hanya sebagai pelopor, PT Ultrajaya pun masih unggul diantara produsen susu segar alami dan minuman ringan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti UltraMilk untuk produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman teh segarnya, dan Sari Kacang Ijo, Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya. Dan tak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi khusus untuk pasar eksport.

Dan hingga kini, brand unggulan kami, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Lahan perkebunan dan peternakan
Lahan peternakan kami berlokasi di tengan lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produk kami.
Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian kami proses dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik.
Kini, hampir 90% total produksi, kami distribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesai, sementara kurang lebih 10% produksi, kami ekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.



Keungulan produk    

Susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat, terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah dan atau pabrik.

Cocok untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Tersedia dalam 3 rasa : Full Cream, Cokelat, dan Strawberry

Proses Produksi
Seluruh bahan baku secara baik di olah dalam tabung higienis, yang kemudian disterilkan dalam Ultra High Temperature proses, dengan kecepatan proses selama 4 detik dengan ketinggian temperatur 140° C. Namun sebelum di sterilisasi, kandungan lemak yang terkandung didalamnya diproses dalam mesin pemisah lemak (Fat Separator ). Waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.

Setelah proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan yang terdiri dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik menjamin Susu Sehat bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).  
Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Sebaiknya disimpan dalam suhu kamar meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 10 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.

Setelah dibuka :
Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari, namun sebaiknya langsung diminum habis setelah dibuka, supaya tetap terjaga kesegarannya.
BAHAN DASAR
Susu Sehat Full Cream
Susu Segar

Susu Sehat Coklat
Susu cair segar, sukrosa, coklat bubuk, perasa coklar, dan stabilizer.
Susu Sehat Strawberry
Susu cair segar, sukrosa, Perasan strawberry, perasa strawberry, pewarna natural ( Cl 75470 ), stabilizer.
Brand/Product name
and pack size
Susu Sehat
Full Cream
200 ml
Susu Sehat Chocolate
200 ml
Susu Sehat Strawberry
200 ml
  Content/Case 24 packs 24 packs 24 packs   Pack size dimension (in cm) 
(L x W x  H)
4.8 x 3.7 x 12.1 4.8 x 3.7 x 12.1 4.8 x 3.7 x 12.1   Case size dimension (in cm)
(L x W x  H)
33.1 x 16 x 12.6 33.1 x 16 x 12.6 33.1 x 16 x 12.6   Gross Weight/Case
(in kg)
5.4  5.4  5.4    Content/20 Feet Container 3,000 cases 3,000 cases 3,000 cases   Maximum Stacking 9 cases 9 cases 9 cas
es
Ultra Milk Low Fat High Calcium dibuat dari 100% susu sapi, dengan pengurangan kandungan lemaknya serta meningkatkan kandungan kalsiumnya. Keseimbangan kandungan lemak dan kalsium di dalamnya untuk memastikan kalsium dapat terserap baik oleh tubuh. Kandungan rendah lemaknya membantu anda menjaga atau mengurangi berat badan anda.



Keunggulan produk

Ultra Milk Low Fat High Calcium juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini cocok baik untuk dewasa maupun dewasa awal, khususnya yang memikirkan kesehatan jangka panjang mereka.


Kalsium susu yang terkandung didalamnya, berasal dari susu segar alami kami, lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan produk lainnya. Ayo mulailah berinvestasi kesehatan bagi tubuh anda, dengan mengkonsumsi susu Ultra Low Fat High Calcium.


Karena selain kalsium susu, produk ini juga mengandung 9 nutrisi penting bagi tubuh. Departemen Pertanian U.S ( USDA ) menyebutkan "9 nutrisi penting bagi tubuh ini" adalah makanan baik bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya secara baik. Nutrisi ini terkandung dalam susu cair segar, dimana tubuh tidak memproduksi sebanyak kebutuhan sehari-harinya.

Tersedia dalam 4 kemasan karton : 1000ml, 250 ml, 200 ml, dan 125 ml
Juga tersedia dalam 2 rasa : Plain dan coklat.




Proses Produksi
Susu segar kami diproduksi dan disterilkan dalam proses Ultra High Temperature ( UHT ), dimana bahan baku di panaskan dalam suhu tinggi mencapai 140° C dalam waktu 4 detik, hal ini untuk mengeliminasi seluruh bakteri patogen. Waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.

Setelah secara proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan aseptik yang terdiri dari 6 lapis. Keenam lapisan aseptik ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.

Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik menjamin Ultra Milk Low Fat bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia ( MUI ).




Penyimpanan
Sebelum dibuka:
Sebaiknya disimpan dalam suhu kamar meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 10 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.

Setelah dibuka:

Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari, namun sebaiknya langsung diminum habis setelah dibuka, supaya tetap terjaga kesegarannya.
Bahan Dasar
Plain: Susu Segar
Coklat: Susu Sapi Segar, Sukrosa, Bubuk Coklat, Pemantap Nabati, Perisa Coklat

FRISIAN FLAG
PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah produsen produk-produk nutrisi berbasis susu untuk anak-anak di Indonesia dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Selama itu pula, Frisian Flag selalu memberikan komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi, melalui produk-produk bernutrisi tepat.

Semua ini dimulai ketika susu dengan merek Friesche Vlag mulai diimpor dari Cooperatve Condensfabriek Friesland, yang kini telah menjadi Royal FrieslandCampina, pada tahun 1922. FrieslandCampina merupakan koperasi peternak sapi perah terbesar dunia yang berpusat di Belanda dan beranggotakan 16 ribu peternak yang tersebar di tiga negara, serta memiliki karyawan tak kurang dari 22 ribu orang yang bekerja di 100 perusahaan di seluruh dunia. Sebagai bagian dari FrieslandCampina, Frisian Flag mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal, agar dapat menghadirkan nutrisi terbaik yang diperoleh dari susu.

FFI menaungi lebih dari 1700 karyawan di seluruh penjuru Indonesia dan mengoperasikan fasilitas produksi di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur, dengan berbagai portofolio produk seperti susu cair, susu bubuk, dan susu kental manis dengan merek Frisian Flag, Yes! dan Omela.




Dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbasis susu, PT Frisian Flag Indonesia tidak hanya mengikuti standar nasional dan internasional, namun juga mengadvokasi kepada para pemangku kepentingannya untuk senantiasa mendukung perkembangan holistik anak dan mempromosikan ASI eksklusif sesuai dengan petunjuk WHO.


VISI DAN MISI

Visi: Menjadi perusahaan nutrisi berbasis susu terkemuka yang menyediakan produk-produk berkualitas yang terjangkau bagi seluruh konsumen di Indonesia.

Misi: Berkomitmen untuk meningkatkan kualitas nutrisi masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk berbasis susu yang berkualitas terbaik dan pendidikan mengenai gaya hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Selama 90 tahun, Frisian Flag telah menyediakan nutrisi berbasis susu melalui keragaman produk yang praktis dan terjangkau bagi konsumen di Indonesia. Dengan warisan sebesar itu, Frisian Flag terus berkomitmen kepada para konsumennya untuk selalu memberikan kebaikan susu melalui inovasi produk berbasis susu yang lebih maju.

Portofolio produk Frisian Flag Indonesia meliputi susu bubuk, susu cair, dan susu kental manis, sampai minuman ringan, di bawah label Frisian Flag, Yes!, dan Omela.

Susu merupakan sumber alami nutrisi terkaya yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Termasuk di dalamnya adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, seperti kalsium. Konsumsi susu yang tepat membantu kinerja kognitif anak-anak sekaligus memastikan terjaganya pertumbuhan mereka secara tepat dan menghindari kemungkinan terjadinya kasus tubuh pendek. Dengan minum 2 gelas susu setiap hari, yang dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi sehingga vitalitas kita bisa tetap terjaga. Susu tidak hanya penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi bayi, yang seharusnya mendapatkan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan pertama dalam kehidupannya. Balita, anak-anak, remaja, dan orang dewasa juga sebaiknya melanjutkan konsumsi susu, yang mengandung nutrisi penting untuk mendukung aktifitas kita sehari-hari.

TahukahAnda
bahwa ...
· Protein dalam susu mengandung  semua asam amino penting dalam jumlah yang sangat tinggi?
· Vitamin B12 hanya bisa ditemukan dalam produk hewani, seperti susu? Hal ini membuat susu sangat penting, terutama bagi orang-orang yang mengonsumsi sedikit daging atau bahkan tidak sama sekali?
· Vitamin B12 berkontribusi pada metabolisme energi kita dan fungsi sistem saraf dan imunitas kita?
· Kalsium tidak hanya penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi; namun juga dibutuhkan untuk perkembangan otot dan transmisi denyut saraf ke otak?
· Tulang kita mencapai kondisi terkuat pada usia 30 tahun?
· Segelas susu (200ml) menyediakan kalsium bagi tubuh setara dengan jumlah kalsium dari 365gr brokoli?


Analisis Keunggulan dan Kelemahan Produk Minuman PT. Ultrajaya
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Untuk melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting, distribusi.

Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.

Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.

Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.


Sebagai pemimpin pasar, PT Ultrajaya selalu berusaha untuk tetap berada di baris terdepan untuk kegiatan penelitian, pengembangan dan pengawasan mutu. Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan produk-produk baru yang mampu memertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam produknya dari produk tunggal pada tahun 1975 menjadi lebih 60 produk saat ini – yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar.

PT Ultrajaya sangat bertekad penuh akan kualitas produk. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, sistem pengawasan mutu dijalankan dengan ketat, tidak hanya pada produknya saja, tapi juga pada proses produksi dan penyimpanannya.

Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia beragama Islam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas produk Halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan Sertifikat Halal yang resmi dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Keseluruhan sistem kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasi terbaik dari semua konsumen.

TEKNOLOGI
Untuk menggambarkan tekad kami terhadap penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.

PT Ultrajaya yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Pengalamannya di bidang ini telah mencapai lebih dari 3 dekade dan memberikan posisi kuat sebagai pemimpin pasar di industri ini. PT Ultrajaya saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun.

Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia yang menjamin bahwa kondisi higienis tetap dapat dipertahankan selama proses produksi.
Yang lebih penting lagi, di pabrik PT Ultrajaya kami melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang kami inginkan – untuk memerbaiki kualitas kesehatan konsumen - dapat dicapai secara konsisten.


Produksi yang dilakukan PT Ultrajaya
1. Sistem sterilisasi UHT dan Pengendalian Mutu
- Produksi minuman diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi yang selanjutnya dikemas dalam kemasan karton aseptic yang steril
- Pengawasan mutu dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, samapai pengiriman barang jadi
- Gudang yang dilengkapi dengan Automated Stroge dan Retrieval System yang dioperasikan sepenuhnya dengan sistem computer dan robot
2. Penelitian dan Pengembangan
- Melakukan penelitian yang berkesinambungan mengenai aspirasi dan animo pasar
- Melakukan diversifikasi & pengembangan produk untuk mempertahankan pangsa pasar
- Melakukan penerapan strategic pemasaran yang tepat serta penerapan teknik distribusi yang efisien dan tepat sasaran


PROSES PRODUKSI untuk MILK
Susu segar diproses melalui sterilisasi UHT (Ultra High Temperature), di mana susu tersebut dipanaskan pada suhu 140oC selama 4 detik untuk mematikan semua bakteri. Waktu pemanasan yang paling singkat tersebut memastikan tingkat kerusakan gizi dan kesegaran susunya paling sedikit,

Setelah susu diproses secara aseptik (bebas bakteri), lalu dikemas dengan kemasan aseptik 6 lapis. Kemasan ini terdiri dari plastik polietilen yang aman untuk makanan, kertas dan lapisan aluminium untuk melindungi susu dari sinar matahari, udara dan bakteri udara luar.

Paduan sempurna antara proses sterilisasi UHT dan kemasan aseptik menjamin susu Ultra dapat disimpan lebih lama tanpa bahan pengawet. Produk ini telah mendapat Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia)

PENYIMPANAN DAN MASA KADALUARSA Sebelum kemasan dibuka:
Susu Ultra dapat disimpan pada suhu ruang, tidak perlu dikulkas. Masa Kadaluarsa 10 bulan.
Produk ini sebaiknya disimpan pada tempat kering, bersih dan sejuk.
Setelah kemasan dibuka:
Kemasan harus segera ditutup rapat dan disimpan dalam kulkas dengan suhu 4oC.
Sisa isi dalam kemasan harus dihabiskan dalam waktu 7 hari. Namun tetap disarankan untuk langsung dihabiskan begitu kemasan sudah dibuka untuk menjamin konsumen mendapatkan kesegaran susu yang terbaik.


PROSES PRODUKSI untuk TEH KOTAK
Setelah daun teh diseduh dan dicampur dengan gula pasir, lalu diproses dengan sterilisasi UHT (Ultra High Temperature), di mana minuman teh dipanaskan pada suhu tinggi 120oC selama 4 detik saja untuk mematikan semua bakteri. Waktu pemanasan yang sangat singkat ini memastikan tingkat kehilangan kesegaran dan aroma tehnya paling sedikit.

Setelah minuman teh diproses secara aseptik (bebas bakteri), lalu segera dikemas dengan kemasan aseptik 6 lapis. Kemasan ini terdiri dari plastik polietilen yang aman untuk makanan, kertas dan lapisan aluminium untuk melindungi minuman teh dari sinar matahari, udara dan bakteri udara luar.

Paduan sempurna antara proses sterilisasi UHT dan kemasan aseptik menjamin Teh Kotak Jasmin dapat disimpan lebih lama tanpa bahan pengawet. Produk ini telah mendapat Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia)

PENYIMPANAN DAN MASA KADALUARSA
Sebelum kemasan dibuka:
Teh Kotak Jasmin dapat disimpan pada suhu ruang, tidak perlu dikulkas. Masa Kadaluarsa 10 bulan.
Produk ini sebaiknya disimpan pada tempat kering, bersih dan sejuk.

Setelah kemasan dibuka:
Kemasan harus segera ditutup rapat dan disimpan dalam kulkas dengan suhu 4oC.
Sisa isi dalam kemasan harus dihabiskan dalam waktu 7 hari. Namun tetap disarankan untuk langsung dihabiskan begitu kemasan sudah dibuka untuk menjamin konsumen mendapatkan kesegaran teh yang terbaik.

Analisis yang saya lakukan terhadap data yang saya peroleh yaitu :

1. Keunggulan dari produk minuman yang diproduksi diantaranya : lebih steril di dalam pengepakan produk, bahan baku yang digunakan lebih fresh, menggunakan teknologi yang lebih canggih dengan sistem robot,adapun setelah susu diproses dilakukan secara aseptik (bebas bakteri), rasa dari teh ataupun susunya terasa lebih segar untuk diminum,kemasan yang digunakan dapat di daur ulang,tidak terdapat dalam bentuk botolan, harga terjangkau.

2. Kelemahan dari produk minuman yang di produksi diantaranya : tidak terdapat dalam kemasan botol atau beling, untuk jenis produksi teh kotak belum terdapat dalam ukuran yang lebih besar, kurang seger jika disajikan tidak dingin, tampilan untuk ultramilk masih kurang menarik, dibanding produk lain yang sejenis kualitas rasa teh dengan buah-buahan masih kurang enak untuk dirasakan, kemasan untuk teh kotak yang berasa buah masih kurang menarik tampilannya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk.
Dalam pertumbuhan perusahan yang kompleks, tidak bisa dipungkiri bahwa kelemahan perusahaan akan menjadi celah para pesaing. perusahaan harus mengetahui dengan jelas kekurangannya agar dapat ditutupi dengan kelebihan, menurut saya kelebihan dan kekurangan dari PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. adalah sebagai berikut :
Kelebihan dari PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. :
•SDM ynag besar dan terlatih
•Harga produk yang komputitif
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Loyalitas konsumen terhadap produknya
•Brand Image
•Pertumbuhan penjualan
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Riset dan sevelopment yang Intensif

Kelemahan dari PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. :
•Ketersediaan bahan baku
•Biaya produksi yang tinggi


Ancaman PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. terhadap pesaing produk lainnya
•kebijakan pemerintah
•Masuknya para pesaing baru
•Fluktuasi nilai tukar rupiah.


 PT. FRISIAN FLAG

VISI :
Menjadi penyedia produk makanan dan nutrisi yang berkualitas dan memberikan kontribusi yang konstruktif bagi lingkungan sekitar.

MISI :
·         Menciptakan kualitas produk
·         Mengikuti perkembangan teknologi
·         Selalu berinovasi

TUJUAN :
Memberikan kontribusi yang signifikan terhadap status gizi anak-anak pada tahun 2015
Menjadi perusahaan susu yang ramah lingkungan pada tahun 2015

STRATEGI :
Meningkatkan kapasitas produksi

Faktor strategis (strengths)
·         Mengedepankan pengalaman global &kerjasama jangka panjang dengan peternak sapi
·         Memiliki SDM yang berpengalaman
·         Memiliki 2 pabrik berteknologi canggih
·         Pemilihan bahan baku yang berkualitas
·         Produksi dilakukan dibawah pengawasan mutu ketat
Faktor strategis (weakness)
·         Kurangnya pengembangan variant rasa produk susu
·         harga yang lebih mahal dari pesaing
·         belum ada website sebagai sarana promosi
·         tidak ada diversifikasi item produk
·         tidak ada peringatan /indikasi didalam kemasan susu
Faktor strategis opportunity
·         Melakukan kerjasama jangka panjang dengan peternak sapi
·         memiliki konsumen yang loyal
·         peduli terhadap pengelolaan limbah lingkungan
·         Memiliki pangsa pasar terbesar
·         peduli terhadap kesehatan masyarakat dengan melakukan studi gizi
Faktor strategis ancaman (threats)
·         pendatang baru yang menawarkan inovasi produk
·         kondisi mata uang yang tidak stabil
·         kebijakan pemerintah yang berubah ubah
·         Pengaruh kenaikan harga BBM






4 komentar: